SELAMAT DATANG DI BLOG SERBA FAKTA

Tempat Terseram Dan Terangker Di Indonesia Yang Sangat Populer


Lawang Sewu
Banyak tempat terseram dan terangker diseluruh dunia ternyata Indonesia juga memiliki salah satu tempat terangker. Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan tempat ini. Lawang Sewu adalah bangunan jaman Belanda yang memiliki banyak pintu. Penduduk sekitar sering meyakini bahwa ada penunggu di dalamnya karena sering mendengar suara yang aneh.

Konon katanya banyak penampakan makluk halus di dalam gedung tersebut, percaya atau tidak seperti itulah cerita yang beredar selama ini. Serba Fakta bukan tidak percaya dengan makluk halus tetapi bahwa jin memang ada yang telah diciptakan Tuhan. Jadi kesimpulan kami adalah bahwa bangunan yang terkenal seram dan angker itu dihuni sebangsa jin,setan,atau bisa jadi iblis. Karena makluk halus ciptaan Tuhan memang bisa berubah wujud.
 
Berbicara sejarah lawang Sewu, gedung seribu pintu dengan berbagai cerita mistis yang melatarinya adalah bekas kantor pusat Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS, jawatan kereta api Belanda yang beroperasi di Semarang Jawa Tengah.  Dirancang Prof. Jacob F. Klinkhamer (TH Delft) dan B.J. Ouendag, arsitek yang berdomisili di Amsterdam pada tahun 1903, pembangunan gedung ini dimulai pada 27 Februari 1904 dan selesai pada 01 Juli 1907.  

Gedung tersebut menjadi saksi bisu perjalanan perjuangan bangsa ini dalam meraih kemerdekaannya.  Bila dimasa penjajahan Belanda gedung ini difungsikan sebagai kantor pusat jawatan kereta api, maka ketika Jepang menduduki Republik ini di tahun 1940-an gedung ini diperuntukkan sebagai markas Kempetai, Polisi Militer Jepang yang terkenal sadis dan kejam,  serta Kidobutai, tentara kerajaan Jepang.   

Gedung tercatat sebagai lokasi pertempuran hebat selama 5 hari antara Angkatan Muda Kereta Api (AMKA), BKR, AMRI dan beberapa organisasi kepemudaan lainnya dengan Kempetai dan Kidobutai yang dimulai pada 15 Oktober 1945 untuk melucuti tentara Jepang yang telah menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Setelah kemerdekaan gedung ini dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia, lalu Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer dan Kantor Wilayah Kementerian Perhubungan.

Sekilas tentang sejarah lawang sewu silahkan anda berkunjung kesana untuk melihat deretan pintu yang sangat banyak tinggalan belanda. Jangan takut akan terkenal seram dan angker  karena berbagai cerita yang beredar selalu membesar-besarkan.