SELAMAT DATANG DI BLOG SERBA FAKTA

Ular King Kobra Sebangsa Sendiri Dimangsa Sebagai Ular Tertua

King Kobra Ular Tertua Di Dunia
Ada salah satu jenis ular yang memakan speisesnay sendiri, yaitu ular Musaran (Clelia) dari Amerika Selatan. Tentunya adalah ular King Kobra yang sangat ganas. King Kobra adalah ular berbisa terbesar didunia, panjangnya bisa mencapai 5,5 m. Nama ilmiahnya saja Ophiophagus yang berarti pemakan ular dan mangsa yang paling disukai King Kobra adalah ular Kobra. Sungguh diluar dugaan ular yang sangat kanibal, Di Amerika utara King Kobra juga suka memangsa ular berbisa lainnya yaitu ular derik (rattler). King kobra kebal akan bisa ular derik.

Kenapa ular ini sangat kebal terhadap bisa karena ular king kobra memiliki pendekatan hampir sama namun berbeda, yang membuat mereka juga kebal terhadap bisa sejenisnya. Padahal pada hewan lain, bisa kobra yang disebut neurotoxin akan menyebabkan kematian dalam hitungan beberapa menit bila masuk ke aliran darah.

Ular-ular jenis viper memiliki aliran darah yang mengandung semacam molekul, yang berfungsi untuk menetralkan komponen mematikan dari bisanya sendiri. Mereka tidak akan mati bila dipatuk sesamanya satu spesies sekalipun.

"Neurotoxin adalah komponen paling mematikan dalam bisa kobra," ujar Zoltan Takacs, peneliti dari Yale University School of Medicine di New Haven, Connecticut. "Ia bersifat mengikat saraf penerima di otot, sehingga membuat saraf gagal memerintahkan otot untuk berkontraksi, akibatnya adalah kesulitan bernafas dan mati."