SELAMAT DATANG DI BLOG SERBA FAKTA

4 Keajaiban Dunia Andalan Indonesia

Bangunan dan beberapa tempat menjadi sebuah keajaiban di dunia hingga saat ini menjadi andalan negara, kenapa menjadi andalan? karena tidak lain adalah sebagai ikon dan kebanggaan di mata dunia. Hingga saat ini bentuk tempat dan bangunan masih awet kendati umurnya sudah ratusan tahun, bahkan binatang langkapun hingga saat ini masih bertahan hidup dan menjadi kebangggaan.

Berikut beberapa keajaiban dunia yang menjadi andalan Indonesia di mata dunia antara lain Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pulau Bali, dan Hewan Purba Komodo. 

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Siapa tak kenal Candi Borobudur terletak di kabupaten Magelang Jawa Tengah? Candi Budha ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya. Jutaan orang mendamba untuk mengunjungi bangunan yang termasuk dalam World Wonder Heritages ini. Tak mengherankan, sebab secara arsitektural maupun fungsinya sebagai tempat ibadah, Borobudur memang memikat hati.

Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, seorang Indonesia bernama Hudaya Kandahjaya mengungkapkan bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak masa awal dibangun. Nama Borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah gunung yang berteras-teras (budhara), sementara beberapa yang lain mengatakan Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi.

2. Candi Prambanan 

Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa cantik yang dibangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman indah.

Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang candi ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena tak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.

3. Pulau Bali (Dewata)

Pulau Bali

Keindahan Pulau Bali, yang didukung oleh objek-objek wisata menarik di kawasan pulau ini, mulai dari pemandangan bawah laut, pantai, dataran dan pegunungan di Bali, membuat kawasan ini tidak pernah berhenti untuk dikunjungi. Pulau Bali adalah pulau kecil yang terletak antara pulau Lombok dan Jawa, Bali memiliki juga Pulau -pulau kecil seperti, Nusa Penida, Lembongan, Ceningan, Serangan dan juga Pulau Menjangan.

Keindahan bisa anda nikmati mulai dari panorama bawah laut yang ada di Pulau Bali seperti di Nusa Dua, Tanjung Benoa, Amed, Tulamben dan juga Pulau Menjangan, untuk menikmati pemandangan bawah laut ini anda bisa ikut sea walker, diving, snorkeling dan juga odyssey submarine, yang tak kalah menarik adalah keindahan sunset pantai di Bali, seperti kawasan Kuta, Uluwatu maupun Tanah Lot yang sangat eksotis di kala senja atau saat matahari tenggelam. 

4. Pulau Komodo
Serba Fakta Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.