SELAMAT DATANG DI BLOG SERBA FAKTA

Film Terheboh Sepanjang Masa Berujung Tragedi

Film kontroversial “Innocence Of Muslims” menjadi film bersejarah sangat menyakitkan terutama bagi umat muslim yang paling banyak diperbincangkan di seluruh dunia. Selain isinya yang menyinggung SARA, yakni pelecehan terhadap sosok Nabi umat Islam, juga film ini disebut-sebut sebagai pemicu utama dari tragedi peristiwa “berdarah” di Libya yang menewaskan 4 diplomat Amerika Serikat (AS), yang salah satunya adalah Dubes AS untuk Libya, Christhoper Stevens.

Innocence Of Muslims
Film berdurasi sekitar dua jam ini dibuka oleh adegan seorang wanita yang dikejar-kejar oleh sekelompok orang yang bersenjata. Wanita itu kemudian dilindungi oleh seseorang yang menceritakan “mengapa muslim bisa sekejam itu”. Setelah itu, isi film yang disutradarai oleh sosok anonim Sam Bacile, yang diduga seorang Yahudi penganut agama Kristen Koptik, menceritakan latar belakang sosok Nabi Muhammad SAW. Kekurangajaran film ini, alih-alih “flash back” ke belakang, pada masa Nabi SAW, yang didukung oleh fakta sejarah, film ini justru menggambarkan sosok Nabi yang menyimpang jauh dari “rel sejarah” yang dikenal oleh para Sejarawan, baik muslim atau pun non muslim.

Penggalan isi film tersebut merupakan isi yang jauh menyimpang dari nilai sejarah seperti yang disampaikan sejarawan muslim maupun non muslim. Sepertinya film tersebut sengaja dibuat untuk memecah belah umat terutama dikalangan Muslim. Harga diri umat Islam telah diinjak-injak oleh non Muslim sehingga menyebabkan tragedi berdarah merebak dimana-mana bukan hanya di satu tempat terutama di Timur Tengah. Film inilah yang menjadi sejarah hingga saat ini karena dinilai melecehkan umat Islam di seluruh dunia.

Lalu siapakah sutradara dari dalang dibalik film tersebut?? Menurut hasil investigasi Associated Press (AP) nama Sam Bacile adalah nama samaran bagi sang sutradara. Ada dugaan bahwa nama sebenarnya ialah Nakoula Basseley Nakoula, seorang penganut Kristen Koptik, yang saat ini tinggal di California, AS. Namun Nakoula menolak kalau dialah sang sutradara film kontroversi itu, walau ia mengakui mengenal sosok Sam Bacile.