SELAMAT DATANG DI BLOG SERBA FAKTA

4 Tips Cara Melindungi Kekayaan Anda

Tips Investasi
 1. Simpanan Atau Tabungan Di Bank

Tabungan adalah bagian dari pendapatan yang tidak dibelanjakan atau tidak dikonsumsikan untuk suatu kebutuhan pada saat tertentu. Dengan tujuan disimpan untuk keperluan yang tidak bisa ditentukan kapan akan digunakan dan akan digunakan di waktu yang akan datang. Pendapatan merupakan faktor utama yang terpenting untuk menentukan konsumsi dan tabungan, kalau tidak ada pendapatan dari mana akan bisa menabung.

Keluarga yang ekonomi menegah kebawah akan membelanjakan sebagian hartanya sesuai kemampuan dan pendapatannya. Kemudian ekonomi menengah keatas yang berpendapatan tinggi akan melakukan tabungan lebih besar daripada individu yang berpendapatan rendah. Tabungan dapat dilakukan oleh seseorang atau bahkan perusahaan, instansi, lembaga, dll.

Menyimpan uang di bank adalah solusi yang tepat untuk keamanan daripada menyimpan di rumah atau kalau anak kecil bisa dilatih mulai menabung di celengan yang terbuat dari bahan tertentu. Membiasakan menabung adalah mencoba untuk hidup hemat tidak terlalu boros dalam membelanjakan, karena sebagian disimpan digunakan untuk hari esok apabila ada kebutuhan mendadak.

2. Deposito Berjangka

Ada banyak pilihan produk di bank untuk melindungi kekayaan anda agar bisa berkembang, aman, bahkan untuk menekan kebiasaan anda bagi yang terlalu konsumtif. Deposito salah satu produk dari bank atau lembaga keuangan lainnya yang layak kita gunakan. Selain dana anda aman dan mendapat pembagian bunga atau bagi hasil simpanan deposito juga dijamin oleh lembaga simpanan.

Deposito adalah produk simpanan di Bank yang penyetoran maupun penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu saja atau sesuai dengan jatuh temponya sehingga deposito dikenal juga sebagai tabungan berjangka. Sebagaimana layaknya tabungan yang sudah memasyarakat, deposito juga banyak dipilih orang sebagai alternatif lain dalam menyimpan uangnya.

Jangka waktu deposito sangat bervariasi mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dan seterusnya tergantung keinginan anda serta planing kebutuhan anda dimasa mendatang. Dengan resiko rendah anda bisa memanajemen dana anda di simpanan deposito berjangka ini. Cocok untuk anda yang mempunyai kekayaan banyak ibarat anda menanam benih hingga pada waktunya anda akan menuai dan menebang pohon tersebut.

3. Asuransi

Banyak tawaran asuransi dari suatu lembaga mulai dari bank hingga lembaga keuangan yang mengelola dana, namun anda harus jeli untuk memilih suatu produk asuransi karena tidak semulus yang anda bayangkan. Artinya banyak sebagian tertipu dari produk asuransi karena adanya orang yang sengaja memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari keuntungan.

Asuransi atau Pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.”

Jenis dan produk Asuransi juga sangat banyak mulai dari asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi rumah, asuransi kendaraan, dan sebagainya. Sesuai kebutuhan anda yang akan diplaning di masa mendatang, yang terpenting adalah sama-sama menguntungkan karena sesuai dari pengertain diatas bahwa suatu perjanjian antara tertanggung dan penanggung.

4. Investasi

Investasi merupakan produk yang sudah banyak dikenal masyarakat jadi pengertian yang sudah umum bahwa suatu investasi harus ada unsur ketersediaan dan dana (aset) pada saat sekarang, kemudian komitmen mengikatkan dana tersebut pada objek investasi (bisa tunggal atau portofolio) untuk beberapa periode (jangka panjang tertentu) pada masa mendatang.

Setelah periode yang diinginkan tersebut tercapai (jatuh tempo) barulah investor bisa mendapatkan kembali asetnya, tentu saja dalam jumlah dan keuntungan yang lebih besar sesuai tujuan awal yang diinginkan investor. Namun, tidak ada jaminan pada akhir periode yang ditentukan investor pasti mendapati asetnya lebih besar dari saat memulai investasi. Ini terjadi karena selama periode waktu menunggu itu terdapat kejadian yang menyimpang dari yang diharapkan. Inilah yang disebut dengan risiko dengan demikian, selain harus memiliki komitmen mengikatkan dananya, investor juga harus bersedia menanggung risiko.

Investasi Bisa Dikelola Sendiri

Beberapa produk investasi yang sudah dikenal dan marak adalah Investasi yang dikelola Lembaga keuangan, Bisnis Online, Trading Saham, Investasi Emas yang lebih aman dari inflasi dan masih banyak lagi. Diantara Investasi tersebut yang dikelola sendiri secara aman adalah investasi emas walaupun jangka panjang lama dalam memetiknya.

Jika anda berniat untuk mengelola sendiri banyak pilihan sarana untuk investasi seperti emas, binatang ternak, properti, perkebunan, dan masih banyak lagi. Tinggal anda menentukan sendiri mana yang anda minati dan meminimalisir resiko yang ada. Dana merupakan harta yang tidak pasti kadang sekarang ada besuknya lagi habis untuk kebutuhan tertentu.

Untuk itu kesimpulan dari penjelasan diatas adalah bagaimana membuat harta bisa berkembang dan tidak cepat habis. Apalagi harta anda akan menyusut karena inflasi jangan sampai terjadi karena mata uang kita kadang stabil kadang melemah. Beberapa tips tersebut cukup bisa membantu anda untuk melindungi kekayaan  anda dan masih banyak cara lainnya.