SELAMAT DATANG DI BLOG SERBA FAKTA

Masjid Berbentuk Mirip Tempat Ibadah Agama Lain

1. Masjid Tertua di Kanada Mirip Gereja

Masjid Al-Irsyad
Masjid tersebut yang jika dilihat dari luar seperti gereja-gereja yang ada di kota-kota Kanada. Awalnya, sebelum difungsikan menjadi masjid, bangunan tersebut adalah gereja, hingga akhirnya dibeli oleh muslim setempat dan direnovasi menjadi masjid.

Bangunan bekas gereja tersebut dibangun pada tahun sekitar 1938. Bangunan itu dipindahkan ke  Fort Edmonton Park, yang didirikan untuk melestarikan dan merayakan sejarah dan warisan kota Edmonton. 

2. Masjid Cheng Ho, Masjid Mirip Klenteng di Surabaya
Masjid Cheng Ho


Sebuah masjid mirip Klenteng berdiri kokoh di kota Surabaya. Masjid tersebut sangat kental dengan nuansa Tiongkok lama. Masjid dengan nama Masjid Cheng Ho, dibangun untuk mengenang jasa Laksamana Cheng Ho, seorang panglima Tionghoa yang berjasa besar dalam penyebaran agama Islam di nusantara.

Bangunan masjid didominasi warna merah, hijau, dan kuning. Ornamennya kental nuansa Tiongkok lama. Pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda, terdapat juga relief naga dan patung singa dari lilin dengan lafaz Allah dalam huruf Arab di puncak pagoda. Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya ini mampu menampung sekitar 200 jamaah.

Di sisi kiri bangunan terdapat sebuah bedug sebagai pelengkap bangunan masjid. Selain Surabaya, di Palembang juga telah ada masjid serupa dengan nama Masjid Cheng Ho Palembang atau Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang.


3. Masjid Niu Jie di Beijing China Mirip Kuil Budha

Masjid Niu Jie
PaviliumNiu Jiu

Masjid Niu Jie di China memiliki bangunan yang unik tidak seperti masjid pada umumnya. Arsitekturnya sama sekali tidak seperti masjid, malah cenderung mirip kuil Buddha. Sekilas dari luar tampak sekali wujud bangunan itu benar-benar seperti kuil.

Orang yang datang di depan Masjid Niu Jie, mungkin tidak mengira jika bangunan ini adalah sebuah masjid. Ini karena Masjid Niu Jie dibangun dengan tidak meninggalkan gaya China sedikitpun. Bahkan lebih terlihat seperti kuil Buddha lengkap sebagian dalamnya juga sama persis gaya arsitekturnya.

Masjid ini dibangun pada tahun 995 M. Masjid Niu Jie Beijing merupakan masjid terbesar dan tertua di pusat kota penduduk Muslim.

Sebenarnya masih banyak masjid yang menyerupai bangunan tersebut diberbagai negara yang ada namun karena admin hanya merangkum sebagian maka tidak semua di negara yang ada diposting. Yang menjadi catatan bagi kita adalah saling hormat menghormati saja tentang ibadah maupun agama sesuai keyakinan dan kepercayaan masing-masing.