SELAMAT DATANG DI BLOG SERBA FAKTA

Belalang Goreng Kuliner Ekstrim Khas Jogja

Belalang Goreng
 Jika anda sedang liburan ke Jogja salah satu daerah dengan bentuk pemerintahan daerah Kerajaan ini banyak menyimpan budaya aneka dan oleh-oleh, sempatkanlah mampir di Gunungkidul. Anda akan menemui oleh-oleh khas Gunungkidulnya yaitu belalang goreng. Cemilan sekaligus bisa untuk lauk pauk ini bisa banyak ditemui di kawasan sepanjang jalan Gunungkidul.

Anda tidak usah pergi ke luar negri untuk mencari belalang yang kabarnya di Thailand juga ada. Bedanya pada belalang di Indonesia lebih ngeri atau ekstrim bukan belalang biasa. Di Gunung Kidul banyak ditemui di hutan jati yaitu belalang kayu orang menyebutnya.

Wisata di Jogja anda mungkin sudah tidak heran lagi seperti di Malioboro atau Candi. Namun sekali-kali anda coba mencari suasana baru dengan berkunjung ke daerah Gunungkidul. Banyak objek wisata yang menarik bisa Anda kunjungi, seperti beberapa pantai Baron, Krakal, Kukup dan gua pindul di Desa Wisata Bejiharjo.

Kabupaten ini sudah banyak menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun internasional, terutama karena wisata kulinernya yang sangat unik tidak pernah dijumpai di daerah lain. Gunungkidul terkenal dengan wisata kulinernya yang khas dan cukup ekstrim, seperti cemilan bisa banyak Anda temukan di setiap warung sepanjang jalan di Gunungkidul, yaitu belalang goreng. Buat Anda yang mengaku hobi wisata kuliner, kalau belum mencoba cemilan belalang goreng ini belum resmi pecinta kulinernya.

Oleh-oleh cemilan ini biasa bisa Anda temukan di daerah Wonosari terutama Sepanjang jalannya ada banyak warung yang menjual berbagai cemilan terutama belalang. Salah satunya yang paling laris adalah belalang goreng. Jika anda ingin mencari mentahnya disepanjang jalan juga banyak yang menjual dalam bentuk hidup.

Penasaran dengan rasa akan cemilan ini renyah dan gurih namun sesuatu akan menyelimuti perasaan Anda saat melihat kuliner khas Gunungkidul ini. Dibilang khas karena cemilan ini dibuat asli di Gunungkidul. Bahkan mungkin sulit ditemukan di tempat lain. Bahkan jenis belalang ini juga banyak ditemukan didaerah ini dengan banyak hinggap di pohon jati.

Untuk menemukan kuliner unik ini sangatlah mudah di Gunung Kidul bahkan di kawasan jogja ditempat oleh-oleh sudah bnyak tersedia. Mulai dari belalang belum jadi hingga belalang yang telah siap dalam kemasan. Harganya bervariasi sesuai ukuran dalam kemasan maupun bentuk hewan tersebut. Untuk belalang goreng dalam kemasan kecil harga relatif terjangkau Rp 12.000 per bungkus.

Selamat berwisata dan menikmati kuliner khas Jogja ini!