SELAMAT DATANG DI BLOG SERBA FAKTA

Siapkan 2 Triliun Atasi Banjir, Awas Ada Yang Lirik Angkanya

Bundaran HI Terendam Banjir
Respon Pemerintah begitu cepat dalam menangani banjir, tidak tanggung-tanggung dana yang sudah disiapkan 2 Triliun untuk atasi banjir dan pemulihan. Semoga dengan anggaran semua infrastruktur pulih kembali serta pembuatan tanggul raksasa bisa direalisasikan.

Dengan anggaran yang cukup banyak ini hendaknya harus disalurkan secara tepat sesuai kebutuhan, jangan sampai kasus serupa terulang seperti hambalang yang tidak jelas dana untuk pemerataan koruptor. Bukan untuk anggaran tepat sasaran malah banyak penyimpangan. 

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar rapat di pinggir Sungai Ciliwung di Bidara Cina untuk membahas penanganan bencana banjir kali ini bersama dengan Pemprov DKI Jakarta dan instansi terkait lainnya.

Terlihat hadir Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri PU Djoko Kirmanto, Kepala BNPB Samsul Maarif, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo,anggota Komisi V DPR RI dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) beserta jajarannya.

Dalam rapat ini, Presiden menjelaskan pusat menyiapkan anggaran Rp 2 triliun untuk penanganannya. "Prioritas pertama banjir di Jakarta ini kita alokasikan Rp 2 triliun," kata Yudhoyono.

Yudhoyuono menuturkan rapat tersebut penting digelar untuk mengantisipasi siklus banjir lima tahunan di DKI Jakarta. Menurut Yudhoyono diperlukan penyelesaian yang strategis.

"Kami semua telah meninjau ke lapangan, menyusuri kali Ciliwung, melihat rumah, dan sejumlah tempat yang menglamani kerusakan parah di awal tahun. Apa yang kami lihat di lapangan, dan laporan yang masuk, banjir 2007, dan 2002 maka pemerintah, baik pusat dan DKI, penting mencari solusi yang strategis, bukan solusi tahunan, paling tidak bisa mengurangi signifikan dampak banjir," katanya.

Menurut Yudhoyono, skala banjir di DKI tak bisa diatasi Pemprov DKI semata. Untuk itu diperlukan sinergi dengan pemerintah pusat dan instansi terkait.

"Semua tahu telah ada perubahan iklim, hal ini bisa terjadi, sekarang belum aman. Dari BMKG mengatakan curah hujan masih akan berlangsung hingga Maret. Berjaga-jaga jajaran BNPB, TNI, Polri, di Jakarta dan seluruh Indonesia, agar rakyat aman. Siap dan meminimalkan dampak banjir," sambungnya.

Dari Rp 2 triliun anggaran multi years, Rp 500 miliar diantaranya untuk pembenahan Sungai Ciliwung. Menurut Yudhoyono, kali Ciliwung harus dirapikan untuk mengantisipasi banjir.

"Yang mendesak, sodetan, di Ciliwung, ke arah Timur, mengapa, ketika banjir Minggu ini Banjir Kanal Barat menampung aliran sungai, yang ada. Ada kerusakan. Kanal Banjir Timur relatif tidak terisi. Ini tidak menguntungkan, beban dibagi dua, maka dampaknya tidak seperti ini. Telah dilakukan studi kelayakan, anggaran membangun sodetan, ini prioritas pertama, tahun ini akan selesai medio 2014, anggaran Rp 500 M. Saya sudah koordinasi, DPR, Menkeu, Menteri PU. Segera dilakukan tahun ini, 2014 diselesaikan," perintahnya.

Prioritasnya memang menata dan menertibkan aliran Sungai Ciliwung. Diperlukan kerjasama yang baik untuk melaksanakan program ini. Termasuk pembenahan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai.

"DKI menyediakan lahan, pendekatan masyarakat tidak dirugikan. Kalau itu bisa dilakukan akan dilakukan penertiban, akan mengurangi bahaya sungai Ciliwung, dianggarkan RP 1,2 triliun, multi years 2013-2014," begitu Yudhoyono.

Yudhoyono juga mendorong penambahan sarana MCK mobile yang ditempatkan dimanapun. Anggaran yang disediakan sekitar Rp 300 miliar.  "Anggaran Rp 300 miliar. Dan masih banyak lagi membangun Waduk Ciawi, memerlukan kerjasama DKI, Jabar, Pemerintah Pusat, dan pihak lain, dalam proyek jangka menengah dan panjang," begitu Yudhoyono. Sumber Informasi