SELAMAT DATANG DI BLOG SERBA FAKTA

Bakso Menjadi Populer Dan Terkenal Di Amerika


Ketika berkunjung ke Indonesia, Presiden Negara Adikuasa Amerika Serikat Barack Obama tak hanya menyerukan persatuan dan toleransi untuk perdamaian seluruh dunia. Dia mendadak juga menjadi 'Duta Bakso'. Ketika mengenang masa kecilnya di Jakarta, tak lupa Obama menyinggung makanan kesukaannya saat kecil itu.

"Bakso, nasi goreng... semuanya enak!" kata Obama saat menghadiri jamuan makan malam kenegaraan. Tak cuma itu, saat berpidato di kampus UI, presiden negara adikuasa ini juga menirukan gaya penjual bakso berseru menjajakan dagangannya. "Baksooo!" katanya, disambut meriah hadirin.

Gara-gara promosi Obama itu, sejumlah situs berita Amerika Serikat misalnya, Nola.com, CDA Press.com, dan Boston Globe memuat tulisan yang membahas soal bakso, termasuk resep dan cara membuatnya. Tulisan itu diberi judul 'Bakso: the soup President Obama loved as a child' atau 'bakso: sup kesukaan Presiden Obama waktu kecil'. 

Seperti dimuat situs-situs itu, bakso didefinisikan sebagai sup bakso yang gurih, dilengkapi mie, cay sim, pangsit, tahu, bawang merah goreng, dan telur rebus. Bakso diberi predikat 'jajanan nasional Indonesia' yang hampir bisa ditemukan setiap saat di seluruh pelosok negeri ini.